** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Ramuan Tradisional Cengkeh

Rempah yang satu ini selain digunakan sebagai bumbu masakan khas Nusantara, sering kali juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa manfaat cengkeh begitu banyak, begitu juga ramuan tradisional dari cengkeh sebagai obat tradisional turun temurun. Cengkeh yang terbukti ampuh untuk mengatasi sakit gigi, bau mulut, hingga sakit kepala ternyata diramu dengan sederhana.
  1. Mengatasi Bau Mulut
    Bau mulut dapat dihilangkan menggunakan 10 butir cengkeh yang dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas. Diamkan selama ± 5 menit, saring dan gunakan airnya untuk berkumur. Cara ini lebih efektif jika dilakukan setiap hari.
  2. Mengatasi Sakit Gigi
    Teteskan minyak cengkeh pada kapas dan gunakan untuk menyumbat gigi yang berlubang. Bisa juga dengan 10 butir cengkeh yang sudah disangrai dan dihaluskan, kemudian dimasukkan pada lubang gigi secukupnya dan ditutup dengan kapas. Cara ini efektif dilakukan 2 kali dalam sehari.
  3. Mengatasi Radang Lambung
    Untuk mengatasi radang lambung siapkan 5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, 5 butir kapulaga, 15 gr kulit jeruk mandarin, 150 gr lobak, dan labu parang secukupnya. Rebus dalam 1000 cc air. Setelah mendidih, saring, dan minum airnya.
  4. Meredakan Batuk
    Resep obat batuk tradisional bisa dibuat dari 6 butir cengkeh dan 10 lembar daun sirih yang direbus menggunakan air dalam panci. Setelah mendidih, diamkan sebentar. Masukkan perasan air jeruk nipis (1 buah) ke dalam air rebusan yang sudah dingin. Saring airnya dan siap diminum.
  5. Mengatasi Mual
    Rebus 10 butir cengkeh, 20 gr asam jawa, dan gulan aren secukupnya dengan 400 cc air sampai menyusut hingga 50% nya. Ambil airnya saja dengan disaring dan minum selagi hangat 2 kali dalam sehari (100cc sekali minum).
  6. Mengatasi Kembung
    Seduh 10 butir cengkeh dengan air panas, kemudian diminum seperti teh. Bisa juga dengan memasukkan 5 sampai 10 butir cengkeh ke dalam buah pir yang dilubangi, kemudian dibungkus dengan kertas aluminium foil dan dibakar hingga matang. Setelah matang, buang cengkehnya dan makan buah pir nya.
  7. Mengatasi Sinusitis
    Letakkan bubuk cengkeh ke dalam hidung. Atau bisa juga dengan meniupkan bubuk cengkeh secukupnya ke dalam hidung menggunakan sedotan.
  8. Mengatasi Masuk Angin
    Siapkan 10 tetes minyak cengkeh dan seduh dengan 50 cc air panas. Tambahkan madu dan diaduk sampai merata. Minum selagi hangat. Efektif dikonsumsi 2 hingga 3 kali sehari hingga sembuh. Mengunyah cengkeh juga berguna untuk menjaga kehangatan tubuh.
  9. Mengobati Campak
    10 biji bunga cengkeh direndam air masak semalam, kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Paginya diminum sedikit demi sedikit secara teratur.
  10. Mengobati Sakit Kepala
    Haluskan 5 butir cengkeh, 5 gr kayu manis, 5 gr biji pala, dan 5 butir merica hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas dan diminum.
Bisa jadi ramuan yang tertulis di atas berbeda dengan ramuan milik Anda, karena ramuan tradisional dibuat berdasarkan kecocokan masing-masing orang. Jadi sangat diperbolehkan bagi Anda yang ingin berbagi ramuan tradisional cengkeh di kolom komentar.
  1. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
  2. Kecap SAMPUN
  3. Teh Rempah Daun Mengkudu
Back To Top