** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Daun Mengkudu

Mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia, merupakan tanaman penghasil buah yang umum digunakan sebagai bahan herbal dalam dunia pengobatan dan kecantikan. Sebutan mengkudu pada tiap daerah pun berbeda-beda, beberapa diantaranya pace, kodhuk, cangkudu, tibah, kudu, dan lain-lain. Bahkan tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi daun, kulit batang, dan akarnya pun juga bisa dipergunakan sebagai obat herbal.

Beberapa manfaat dari daun mengkudu diantaranya adalah untuk mencegah perut kembung, ambeien, asam urat, dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam dunia kecantikan salah satu manfaat daun mengkudu adalah menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tidak mudah rusak dan mengelupas.
  1. Pencegahan Kanker
    Senyawa yang terdapat dalam daun mengkudu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan kanker dengan merangsang sel-sel darah putih. Senyawa yang disebut xeronine dalam mengkudu meningkatkan kesehatan struktur sel dan regenerasi.
  2. Kesehatan Kulit
    Anti-oksidan seperti selenium yang terdapat dalam buah maupun daun mengkudu dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mempromosikan kesehatan kulit. Selenium menggabungkan dengan protein dalam tubuh untuk membuat selenoproteins, seperti yang ditunjukkan oleh The National Institutes of Health Office of Dietary Supplements. Hal inilah yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel, termasuk sel-sel yang terkandung dalam kulit wajah.
  3. Memperbaiki Pencernaan
    Air rebusan daun mengkudu berguna untuk meningkatkan pencernaan. Ekstrak buah mengkudu memicu reseptor serotonin, senyawa yang ditemukan dalam otak dan lapisan saluran pencernaan.
    Serotonin mengatur pencernaan dan yang mengatur jalannya makanan yang dicerna dalam butuh, sehingga hal ini bermanfaat untuk pengobatan gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah, cacingan atau keracunan makanan.
  4. Sifat Anti-bakterinya ampuh membunuh kuman dan bakteri pada kulit sehingga tergolong efektif untuk mengatasi jerawat.
  5. Sifat Anti-inflamasinya berguna untuk mencegah peradangan kulit.
  6. Berguna untuk mengatasi alergi seperti ruam pada kulit, gatal, dan lain-lain.
  7. Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dengan mempersehat ginjal dan memperlancar proses pencernaan.
  8. Mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, terutama pada gigi dan persendian.
  9. Melancarkan haid
  10. Mencegah hipertensi dengan cara memperlancar sirkulasi peredaran darah
Cara mengkonsumsi daun mengkudu yang paling sering adalah dengan membuatnya menjadi teh daun mengkudu. Karena cara tersebut merupakan cara yang paling mudah, daun mengkudu yang sudah kering diseduh dan ditambah sedikit garam dan siap diminum.

Manfaat daun mengkudu memang tidak bisa dianggap sepele. Meskipun namanya timbul tenggelam, namun kedahsyatan manfaatnya akan tetap ada.
Produk SAMPUN yang berbahan Daun Mengkudu :

  1. Teh Rempah Daun Mengkudu SAMPUN
Back To Top