** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Sereh

Sereh (Cymbopogon Citratus) adalah rempah berjenis rumput tinggi yang termasuk keluarga dalam Poaceae yang berasal dari Selatan India dan Sri Lanka. Daun sereh telah menjadi salah satu bahan untuk keperluan kuliner dan obat yang populer di banyak negara di belahan dunia.

Daun, batang dan umbi sereh dapat digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan tubuh manusia bahkan hewan peliharaan. Daun sereh sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonensia karena juga merupakan salah satu bumbu dari berbagai masakan khas Indonesia yang menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan cita rasa makanan.

Manfaat sereh pada kesehatan

Sereh merupakan gudang vitamin penting seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), folat dan vitamin C. Mineral penting seperti potasium , kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan besi juga terdapat pada sereh. Sereh tidak mengandung kolesterol berbahaya atau lemak.

Sereh mengandung anti-oksidan flavonoid, dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Dalam dunia kesehatan, sereh dapat membantu mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, reumatik dan edema. Pertahanan anti-oksidan ramuan sereh akan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat dan sistem kekebalan tubuh. Sereh juga efektif dalam mengobati diabetes, kanker, obesitas dan membantu detoksifikasi.
  1. Anti Kanker
    Sebuah penelitian menemukan bahwa sereh mengandung citral, salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Seperti membantu pencegahan pertumbuhan sel kanker kulit, sel kanker hati fase awal, dan juga sel kanker payudara. Namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita.
  2. Diabetes
    Teh sereh dapat membantu untuk membersihkan racun / detoksifikasi pada pankreas, menjaga tingkat insulin dan menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.
  3. Anemia
    Sereh dapat membantu mengatasi berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi. Daun sereh mengandung Zat besi yang penting untuk sintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh).
  4. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur
    Kandungan sifat anti-septik dalam sereh membantu untuk menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.
  5. Anti-Inflamasi dan Anti-Septik
    Jus sereh dapat digunakan sebagai herbal penting untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih. Ini dikarenakan sereh mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-septik.
  6. Sebagai Minyak Angin
    Minyak astiri pada sereh dapat dalam melakukan tidakan balsamic saat mengatasi masalah pada saluran pernafasan. Secara umum daun sereh ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin, juga untuk menghangatkan tubuh.
  7. Detoksifikasi
    Sifat diuretik sereh dapat membantu membersihkan racun berbahaya keluar dari tubuh. efeknya akan membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan juga. Anti-oksidan dan anti-septiknya juga membantu dalam pembersihan dan pemurnian hati, ginjal, kandung kemih, pankreas, dan meningkatkan sirkulasi darah. Daun sereh juga membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan meningkatkan pembersihan usus besar.
  8. Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas
    Kandungan citral dalam sereh terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Efek diuretiknya membantu mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi melalui meningkatnya volume buang air besar. Hal ini juga akan mencegah akumulasi lemak dalam perut. Sereh juga membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.
  9. Mengatasi Insomnia
    Insomnia atau susah tidur terjadi karena zat kimia dalam tubuh tidak seimbang atau gangguan saraf. Penelitian menunjukkan bahwa teh sereh mempunyai sigat sedatif dan hipnotik yang bermanfaat untuk menenangkan otot dan saraf. Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan saraf dari sereh tersebut membantu proses dan kualitas tidur.
  10. Mengurangi Kolesterol
    Daun sereh mempunyai sifat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus dan oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Sereh juga mempunyai sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat. Hal ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.
  11. Tekanan Darah Tinggi
    Minum teh secara teratur sangat dianjurkan. Karena kandungan potasium yang tinggi mendorong diuresis, sehingga membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah.
  12. Grastritis atau Mulas
    Minum teh sereh juga bisa digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengurangi kambuhnya perut mulas atau gastritis yang diakibatkan oleh zat asam berlebihan.
  13. Sistem Saraf
    Kandungan magnesium, fosfor dan folat dalam sereh merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Ketiganya membantu meningkatkan konsentrasi, memori dan kemampuan otak untuk memproses informasi.Sereh juga terbukti bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf, karena dapat merangsang pikiran dan membantu untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Untuk membantu menenangkan saraf, mengurangi gejala depresi dan kelelahan yang disebabkan oleh stres, sereh juga bisa digunakan untuk mandi terapi.
  14. Kesehatan pencernaan
    Sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang dimiliki minyak astiri dalam sereh berfungsi untuk pencegahan gangguan gastro intestinal, membantu mengatur fungsi usus dan motilitas,serta membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sifat anti-inflamasinya juga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah,dan kram dengan cara membunuh bakteri jahat dan parasit, serta mengembalikan bakteri baik dalam usus.
  15. Gangguan Pernapasan
    Vitamin C dalam sereh juga dapat membantu mengatasi penyumbatan hidug karena flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial. Tak jarang sereh juga digunakan untuk pengobatan batuk dan pilek.
  16. Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus
    Aktivitas anti-biofilm (fenol) yang terdapat dalam minyak astiri bermanfaat untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Minyak esensial dari sereh berguna untukpenggunaan topikal maupun internal untuk penyakit yang didiagnosis dengan biofilm seperti penyakit Lyme. Fenolnya mempunyai kemampukan menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh, mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman, sehingga membantu menyembuhkan atau menghambat pembentukan biofilm yang terletak di mana saja pada tubuh.
  17. Mengatasi Demam
    Efek anti-piretik (mengeluarkan keringat) dari sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.
  18. Mengatasi Infeksi
    Penelitian menunjukkan bahwa sereh memiliki efek penyembuhan pada infektivitas dermatologi, seperti infeksi jamur dengan jalan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti khasiat sereh yang mendukung atas thyme, nilam dan minyak kayu cedar untuk mengobati berbagai penyakit seperti candidias lisan atau gatal karena jamur pada organ intim wanita. Anti-septik pada sereh yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih.
  19. Mengurangi Nyeri & Reumatik
    Sifat analgesik yang dimiliki sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit pada kepala dan migrain. Fitonutrien yang terdapat pada sereh dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo dan sakit punggung. Sereh dapat meringankan reumatik dengan mengoleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena reumatik dan kesleo. Selain itu sereh sangat membantu untuk mengobati luka dan memar.
  20. Sistem Kekebalan
    Sereh dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik dengan memulihkan sistem penting dalam tubuh seperti pencernaan, respirasi, ekskresi, dan sistem saraf.
  21. Perawatan Kulit
    Sebagai tonik, sifat astringent dan anti-septik sereh dapat bermanfaat sebagai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat dengan cara memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori, dan sterilisasi. Minyak sereh memiliki zat alami yang akan membantu merangsang sirkulasi darah dan meremajakan jaringan kulit, juga membantu mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu dan lelah.
  22. Kesehatan Seluler Tubuh
    Zat anti-oksidan yang terkandung pada sereh membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus untuk membantu menghasilkan sel darah putih. Selain itu juga membantu merangsang regenerasi sel. Folat dan kalium pada batang dan daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.
  23. Penggunaan Kuliner
    Selain untuk obat-obatan tradisional, sereh umumnya digunakan pada masakan Asia, terutama masakan Indonesia, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Tak jarang juga sereh digunakan untuk menambah rasa pada minuman seperti teh dan Kopi “Aneka Rasa”SAMPUN.
  24. Bersifat Galactagogic
    Sifat galactagogic pada sereh mempromosikan pembentukan susu. Sereh juga efektif untuk melancarkan aliran menstruasi dan membantu menenangkan kram maupun ketidaknyamanan saat menstruasi. Sereh juga membantu meredakan pembengkakan dan mujarab untuk varises.

Manfaat Sereh pada Kosmetika

Senyawa utama dalam sereh adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba, menyediakan bau lemon yang berbeda-beda. Hal ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu untuk mengurangi kelelahan, kecemasan dan bau badan.
  1. Parfum Aromaterapi
    Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan anti-septik. Efek terapeutiknya yang membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh membuat minyak sereh banyak digunakan sebagai aromaterapi.
  2. Deodoran
    Sereh juga digunakan dalam pembuatan deodoran, karena bersifat pembersih dan anti-bakteri yang akan membantu memerangi bau badan yang tidak sedap serta mencegah infeksi jamur dan bakteri. Sereh juga dapat ditambahkan untuk merendam kaki yang sakit atau berbau.
  3. Anti kutu pada hewan
    Selain digunakan dalam pembuatan parfum, deodoran, poles dan lilin, sereh juga digunakan untuk menambahkan keharuman pada sabun dan produk kosmetik. Pembuatan sampo dan produk perawatan hewan peliharaan pun menggunakan sereh karena efeknya terhadap kutu.

Efek Samping Minyak Sereh

Tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak sereh murni langsung pada tubuh, karena dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang, begitu juga dengan teh herbal sereh. Dan sangat dianjurkan untuk menghindarkan minyak sereh murni dari jangkauan anak.

Dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan minyak sereh untuk terapi pada kondisi khusus, seperti pada saat hamil atau program kehamilan, pada saat menyusui, atau pada saat menjalain pengobatan.
Produk SAMPUN yang berbahan Sereh :
  1. Kecap SAMPUN
  2. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
  3. Teh Rempah Daun Mengkudu
Back To Top