** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Bunga Krisan

Bunga Krisan ( Chrysanthemum indicum l ) adalah tanaman hias perdu atau semi perdu berasal dari Jepang dan Cina Utara. Sudah banyak yang mengetahui bahwa bunga ini berkhasiat sebagai obat untuk penyakit seperti influenza, bahkan membersihkan liver.

Bunga krisan masih satu family dengan bunga aster dan daisy yaitu termasuk family Asteraceae. Selain merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai keanekaragaman warna dan bentuk bunga, bunga krisan mempunyi banyak manfaat. Bunga Krisan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan, seperti di Jepang, kelopak bunga krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan, apalagi jika diminum bersama segelas anggur. Selain itu juga tersedia obat-obatan berbahan baku krisan. Minuman teh krisan juga banyak dijumpai. Krisan yang sering dijadikan minuman adalah krisan berwarna kuning dan putih.

Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Teh ini menyegarkan tenggorokan, memperindah bentuk tubuh, memulihkan kesehatan, dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Seorang ahli tanaman obat mengatakan, untuk tumbuhan sejenis bunga krisan biasanya mengandung zat antioksidan yang mampu menyerap racun dalam tubuh.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bunga krisan membuatnya menjadi bermanfaat terhadap kesehatan.
  1. Krisan mempunyai kandungan betakaroten tinggi yang umumnya terdapat dalam herbal dan buah-buahan berwarna kuning dan oranye.
  2. Krisan kaya dengan berbagai vitamin B seperti kolin yang membantu metabolisme lemak, folacin yang berfungsi mendorong perkembangan dan replikasi sel, niacin yang sangat diperlukan oleh sistem saraf dan saluran pencernaan, serta riboflavin untuk mencegah pertumbuhan struktural abnormal.
  3. Minuman herbal ini juga mengandung vitamin A dan C yang tidak hanya mencegah penyakit kulit, tetapi juga bertindak sebagai perisai terhadap flu biasa dan penyakit mata seperti mencegah kemerahan pada mata, penglihatan yang kabur, mata kering dan gatal, hingga mencegah kebutaan. Vitamin C nya juga dikenal sebagai antivirus kuat yang efektif meredakan pilek dan mengurangi nyeri sinusitis. Bahkan mengkonsumsi bunga krisan secara rutin juga berguna untuk menjaga pendengaran.
  4. Krisan memiliki fungsi membentengi paru-paru dan membantu mengatasi permasalahan pada pernapasan seperti sesak napas
  5. Sifat stimulan bunga krisan baik digunakan untuk merangsang otak dan panca indera agar tetap waspada.
  6. Bunga krisan penuh dengan berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.
  7. Glikosida, adenin dan berbagai varian asam amino juga terdapat pada teh krisan.
  8. Bunga krisan diketahui ampuh melawan dermatomikosis, pseudomonas aeruginosa, shigella dysenteriae, staphylococcus aureus, dan streptococcus haemolyticus B.
  9. Minuman ini merupakan pendingin alami sehingga dapat menurunkan suhu tubuh dalam kondisi demam atau panas.
  10. Krisan terbukti bermanfaat menyembuhkan jerawat, sakit kepala, dan sakit gigi ringan.
  11. Krisan pada minuman herbal digunakan sebagai pengobatan pendukung untuk aterosklerosis atau penyumbatan arteri jantung dan varises.
  12. Krisan bisa digunakan sebagai detoksifikasi hati dan menurunkan kadar kolesterol.
  13. Krisan dapat meredakan stres sebab tidak mengandung kafein
  14. Air rebusan daun dan bunga krisan juga mampu meredakan batuk akibat bronkhitis dan kongesti.
  15. Daun krisan yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati perut kembung atau nyeri perut
  16. Bakteri jahat seperti dermatomikosis, streptococcus haemolyticus B, shigella dysenteriae, pseudomonas aeruginosa, dan staphylococcus aureus juga dapat dilawan dengan krisan. Bunga krisan juga memiliki antispirochete, sehingga dapat mengobati penyakit Lyme dan Sifilis.
Begitu banyaknya manfaat dari bunga krisan dalam pengobatan tradisional, membuat seorang ahli kesehatan dari Filipina yang bernama Herminia de Guzman Ladion memasukkan krisan sebagai salah satu tanaman jenis obat penyembuh yang ajaib.
Produk SAMPUN yang berbahan Krisan :
  1. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
  2. Teh Aneka Rasa SAMPUN
Back To Top