** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Cengkeh

Sebagai tanaman apotek hidup yang dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis, cengkeh mempunyai manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya sakit gigi. Cengkeh juga merupakan rempah wajib dalam resep masakan khas Nusantara maupun masakan Eropa. Dalam pembuatan minuman, cengkeh juga banyak digunakan karena memiliki sifat hangat. Bahkan di dunia kecantikan, terutama pada kulit dan rambut, cengkeh juga mempunyai khasiat.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan. Cengkeh juga kaya akan nutrisi penting, vitamin, kalsium dan magnesium. Selain merupakan serat makanan, cengkeh juga mampu memasok energi dalam jumlah banyak.
  1. Anti-bakteri dan Anti-jamur
    Secara alami dan efektik, Cengkeh melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan di perut dan membunuh kuman di mulut. Eugenol yang terdapat pada cengkeh mempunyai sifat anti-jamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.
  2. Obat Sakit Gigi
    Minyak cengkeh telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh (Eugenia aromatica) dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Kandungan zat yang terdapat dalam cengkeh diyakini bersifat anti-biotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri. Para dokter telah menyarankan penggunaan minyak cengkeh ini untuk pereda rasa sakit gigi sebagai analgesik (pereda rasa sakit).
  3. Mencegah Peradangan
    Minyak cengkeh yang menggunakan cengkeh asli mengandung zat aktif seperti flavanoid bersifat inflamasi dan bekerja mengurangi peradangan pada penyakit rematik. Rasa hangatnya juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan, salah satunya batuk.
  4. Meredakan Batuk
    Gatal yang terdapat di tenggorokan dapat diatasi dengan mengunyah cengkeh. Meskipun rasanya getir dan pahit, tetapi ekspektoran alami dari cengkeh terbukti ampuh dalam mengencerkan dahak.
  5. Mengatasi Pilek
    Campuran minyak cengkeh dan madu dapat memberikan efek hangat, sehingga membantu mengatasi pilek jika diminum setidaknya satu hingga dua kali dalam sehari. Selain itu, minyaknya jika dioleskan pada hidung dapat membantu mengatasi hidung tersumbat.
  6. Meringankan Infeksi Saluran Pernafasan
    Berbagai kandungan antioksidan dan berbagai zat yang terdapat dalam cengkeh, dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.
  7. Mengatasi Sinusitis
    Beberapa penelitian mengaitkan antara manfaat cengkeh dan masalah sinusitis. Caranya dengan meletakkan bubuk cengkeh di bagian dalam hidung. Atau bisa juga dengan meniupkan serbuk cengkeh secukupnya ke dalam hidung menggunakan sedotan.
  8. Mengatasi Mual dan Muntah
    Berbagai kandungan yang ada dalam cengkeh maupun minyak cengkeh sangat ampuh untuk mengatasi mual, rasa ingin muntah, dan kembung.
  9. Meningkatkan Sistem Pencernaan
    Cengkeh membantu meringankan muntah, diare, gas usus, dan sakit perut dengan cara mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan. Hanya saja cengkeh juga memiliki zat yang cukup kuat untuk mengiritasi lambung, sehingga penggunaannya juga harus diperhatikan.
  10. Menjaga Tubuh Tetap Hangat
    Cengkeh yang dikunyah secara langsung dapat menjaga tubuh tetap hangat. Minyaknya juga efektif memberikan rasa hangat jika dioleskan pada bagian tubuh.
  11. Menyehatkan Jantung
    Kandungan Eugenol yang terdapat pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  12. Perangsang Seksual
    Secara tradisional cengkeh dianggap memiliki sifat afrodisiak (seperti purwaceng) untuk menaikkan libido. Sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ejakulasi dini.
  13. Mengobati Campak
    Ekspektoran alami pada cengkeh akan menyembuhkan batuknya. Flavanoid-nya bekerja mengurangi peradangan. Kurang lebih seperti itulah cengkeh dalam membantu mengobati campak.
  14. Obat Sakit Kepala
    Selain sebagai analgesik untuk meredakan sakit gigi, Cengkeh juga efektif untuk meredakan sakit kepala.
  15. Pengusir Nyamuk
    Cengkeh juga menjadi salah satu herbal yang berguna sebagai pencegah malaria dan demam berdarah. Karena aroma cengkeh dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Sangat cocok digunakan ditempat-tempat yang rawan akan penyakit malaria, demam berdarah, atau penyakit lainnya yang ditularkan oleh nyamuk.
  16. Melawan Kanker
    Penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

Manfaat Cengkeh untuk Kulit

Selain untuk kesehatan, cengkeh juga bermanfaat bagi kecantikan. Seperti pada kulit, cengkeh bisa memberikan efek positif seperti :
  1. Mengatasi Jerawat
    Dari beberapa penelitian mengatakan bahwa minyak cengkeh merupakan herbal yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan di daerah jerawat tersebut. Minyak cengkeh dengan sifat antimikrobanya akan membunuh bakteri penyebab jerawat yang ada pada wajah.
  2. Menghilangkan Noda dan Guratan di Kulit
    Selain dapat melembutkan kulit, minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan guratan kulit yang disebabkan luka maupun penyebab lainnya.
  3. Sumber Anti-oksidan
    Minyak cengkeh ternyata juga kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi, vitamin A dan C. Sangat jarang herbal yang berbentuk minyak yang banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Manfaat Cengkeh untuk Rambut

Rambut merupakan mahkota dari manusia. Oleh sebab itu, rambut yang sehat dan indah merupakan salah satu hal yang selalu dijaga, terutama oleh para wanita. Dalam hal ini, cengkeh juga dipastikan ikut berperan serta dalam merawat rambut.
  1. Kondisioner
    Minyak cengkeh dapat diganakan sebagai kondisioner untuk memperbaiki berbagai masalah terhadap rambut seperti menghitamkan rambut, memperbaiki rambut kering dan sebagainya.
  2. Mencegah Rambut Rontok
    Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 5-15 menit, kemudian dibilas hingga bersih, akan membantu dalam mencegah kerontokan pada rambut yang menjadi penyebab kebotakan.
  3. Menghitamkan Alis Mata
    Tak hanya rambut di bagian atas kepala saja yang bisa merasakan manfaat cengkeh. Bahkan rambut alis pun bisa dihitamkan dengan 5-7 biji bunga cengkeh kering yang dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Oleskan pada alis mata setiap sore hari.
Semua manfaat cengkeh di atas tentunya bisa dirasakan setelah meramu cengkeh tersebut, baik secara tradisional maupun secara modern. Seperti menyeduhnya atau bisa juga dengan langsung dimakan.
Back To Top