** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Coklat

Banyak orang takut mengkonsumsi coklat karena diduga menjadi penyebab kerusakan gigi dan penyebab kegemukan. Padahal penyebab keduanya adalah gula yang terkandung dalam bahan makanan atau minuman coklat. Coklat mengandung alkaloid-alkaloid seperti theobromine, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh dan banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan, coklat hitam yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kandungan anti-oksidannya dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Secara umum zat yang terkandung dalam coklat :
  • 14% kandungan karbohidrat
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemakZ
  • at-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit).

Coklat mengandung senyawa anti-oksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, yang luar biasa kaya flavanols, jenis fitokimia flavonoid. Mengkonsumsi beberapa jenis coklat yang mengandung flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh. Selain berkhasiat sebagai anti-depresan, coklat juga mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan, diantaranya :
  1. Meningkatkan Produksi Insulin
    Penelitian di Itali terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi masing-masing 3ons coklat hitam atau coklat putih yang tidak mengandung phytochecimal flavonoid selama 15 hari. Hasilnya resistensi insulin (faktor resiko diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam.
  2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
    Kandungan zat flavonoid dalam coklat bertindak sebagai anti-oksidan alami. Terkait penelitian pada poin 1, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam.
  3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
    Dalam penelitian Becker, MPH, ScD dengan John Hopkins, pada University School of Medicine, coklat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Kata Becker, makan coklat membuat pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat. Hal ini menjadi penting karena penyebab serangan jantung adalah pembekuan trombosit yang membentuk blok bekuan dalam pembuluh darah.
  4. Menurunkan Berat Badan
    Beberapa orang yang sedang melakukan diet sering kali menjadi ketakutan terhadap coklat. Padahal dalam sebuah penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Copenhagen mengatakan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang daripada coklat putih. Artinya coklat hitam tidaklah semenakutkan yang dibayangkan, karena juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
  5. Mengatasi Diare
    Sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Dalam penelitian modern, para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.
  6. Meningkatkan Intelijen
    Temuan para peneliti dari universitas di Nottingham mengatakan bahwa minum kakao yang kaya akan flavanol dapat meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek. Selain itu coklat juga membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan.
  7. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis
    Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1 1/2 ons 85% kakao coklat hitam diberikan kepada sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis setiap hari selama delapan minggu. Dalam studi, yang telah dikirimkan untuk publikasi, sekelompok orang dewasa tersebut dilaporkan merasa tidak terlalu lelah setelah makan cokelat hitam. Dan anehnya, menurut peneliti Steve Atkin, PhD, tidak ada kenaikan berat badan pada kelompok orang dewasa tersebut. Para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur, tetapi masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.
  8. Coklat Meningkatkan Kesehatan Mata
    Kandungan zat flavonoid pada coklat juga bermanfaat membuat aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata
  9. Coklat Mengurangi Resiko Kanker
    Anti-oksidan yang terdapat pada kakao atau coklat dapat menghentikan pertumbuhan kanker. Cara kerjanya dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel kanker.
  10. Mencegah Kerusakan Gigi
    Hasil penelitian telah menemukan bahwa dalam coklat terdapat zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans (bakteri yang berkontribusi terhadap kerusakan gigi pada rongga mulut). Jadi sebenarnya yang membuat kerusakan gigi itu bukan coklat, tapi gula yang menjadi campuran pada makanan berbahan coklat.

Bahkan coklat juga mempunyai banyak manfaat terhadap kecantikan, diantaranya :
  1. Melembabkan Kulit
    Di dalam coklat hitam terdapat beberapa nutrisi berupa zat besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E. Penggunaan masker coklat hitam juga mampu membuat kulit lebih lembab dengan karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati.
  2. Proteksi Sinar UV Matahari
    Menurut peneliti London, kandungan flavonoid atau flafanol dalam cokelat hitam sudah terbukti ampuh meredakan efek memerah pada kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Baik dijadikan masker maupun dikonsumsi, cokelat hitam juga memberikan khasiat yang serupa.
  3. Menghilangkan Keriput dan Garis Halus
    Serotonin dalam coklat berfungsi sebagai anti-depresi yang membantu menurunkan stres seseorang, akibatnya hormon cortisol penyebab stres pun ikut menurun, sehingga semakin sedikit kolagen yang rusak dan kecantikan kulit tetap terjaga. Kulit menjadi terhindar dari keriput dan garis halus.
  4. Memperindah Rambut
    Menggunakan coklat hitam sebagai masker rambut ternyata juga dapat membuat rambut menjadi lebih halus, lebih lembut, dan lebih bersinar.
  5. Menyuburkan Rambut
    Coklat hitam mengandung mineral seperti tembaga, seng, dan zat besi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Lancarnya aliran darah ke kepala selain meningkatkan kinerja otak, ternyata juga dapat menyuburkan rambut.
Selain memberikan kenikmatan, coklat ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan catatan jika dikonsumsi dengan tidak melebihi batas.
Produk SAMPUN yang berbahan Coklat :
  1. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
Back To Top