** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Teh Basi


Begitu banyaknya manfaat teh, hingga setelah basi pun tetap bermanfaat. Jadi jangan dibuang terlebih dahulu daun teh yang sudah diseduh untuk mendapatkan manfaat ekstranya. Dan berikut ini adalah manfaat dari teh basi :

Teh Basi membuat kulit wajah lebih sehat
Teh yang telah basi (tanpa campuran apapun seperti gula) dapat menjadi pengusir jerawat sehingga membuat kulit wajah lebih cerah dan lembut. Airnya digunakan untuk mencuci muka dan butiran daun teh yang telah hancur dapat dijadikan scrub yang berguna mengangkat sel kulit mati, mengatasi komedo membandel, mengangkat flek hitam, dan lain-lain.

Teh Basi dapat menyehatkan mata
Kegiatan melihat menatap layar monitor komputer dalam waktu yang lama membuat mata menjadi lelah bahkan terlalu lelah. Selain dapat melakukan terapi berjemur di bawah matahari pagi, kesehatan mata bisa didapat dengan teh basi. Celupkan wajah ke dalam teh basi kemudian buka mata perlahan. Lakukan untuk beberapa detik. Mata akan terasa segar kembali.

Teh Basi untuk membuat rambut sehat
Teh basi tidak kalah dengan berbagai bahan kimia dalam membuat rambut sehat. Teh basi bisa juga digunakan sebagai masker rambut untuk mengusir kekusaman rambut akibat kekeringan, mencegah kerontokan, dan menghilangkan ketombe.

Teh Basi dapat menghilangkan mata panda
Mata panda adalah sebutan untuk mata yang terdapat lingkaran hitam disekitarnya, biasanya diakibatkan oleh lelahnya mata. Sudah pasti lingkaran hitam ini menganggu penampilan dan memperlihatkan bahwa kita memang sedang lelah. Bisa juga dikarenakan menangis sepanjang hari. Untuk menghilangkan mata panda cukup dengan mengkompres mata dengan teh basi, gunakan teh basi yang berbetuk kantung. Atau yang dilapisi bungkus khusus seperti teh celup. Taruh di atas mata selama minimal 15 menit.

Teh Basi dapat digunakan sebagai pupuk
Kebiasaan orang jaman dahulu adalah “membuang” daun teh yang telah diseduh ke dalam pot berisi bunga. Usut punya usut, ternyata bunga yang potnya diberi ampas daun teh lebih subur dari pada bunga yang potnya tidak diberi ampas daun teh.

Tips Penggunaan Teh Basi
Teh basi yang digunakan adalah teh basi dari jenis teh hitam yang didiamkan semalaman dan bersih dari kandungan lain. Jadi jangan gunakan teh basi yang telah diberi gula, lemon, susu, atau kandungan lain. Harus murni merupakan teh basi. Lebih baik jika teh basi yang digunakan adalah teh basi yang ada di dalam teko dan tertutup sehingga terlindung dari bakteri-bakteri yang berkeliaran ketika didiamkan semalaman. Indonesia sendiri telah menjadi negara yang memproduksi teh terbesar. Sehingga teh yang dihasilkan oleh Indonesia memiliki kualitas yang baik tidak jauh dengan teh buatan negara lainnya.
Produk SAMPUN yang berbahan Teh :
  1. Teh Wangi / Harum SAMPUN
  2. Teh Aneka Rasa SAMPUN
Back To Top