** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Daun Mint

Daun mint (Mintha Spacata) merupakan salah satu daun yang mempunyai banyak peminat karena aromanya menenangkan. Selain bermanfaat untuk penambah aroma masakan, juga berkhasiat sebagai salah satu bahan herbal untuk pengobatan. Bahkan beberapa alat kosmetik juga menggunakan kebaikan dari daun mint. Di negara – negara Eropa, daun mint banyak digunakan sebagai campuran makanan dan juga minuman.

Daun mint memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, diantaranya anti-oksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Juga beberapa mineral seperti kalium dan fosfor. Beberapa manfaat dari kandungan tersebut antara lain :
  1. Penambah Aroma Makanan
    Salah satu contohnya pada perment mint. Aroma khas dari daun mint yang menyegarkan tersebut membuat masakan atau minuman menjadi terasa segar dan menggoda.
  2. Meningkatkan Nafsu Makan
    Efek nyaman dan menentramkan dari daun mint ini membuat konsumen menjadi ketagihan dan berujung dengan meningatkan nafsu makan.
  3. Aroma Terapi
    Aroma terapi yang memanfaatkan aroma daun mint sering digunakan pada pasien yang membutuhkan ketenangan.
  4. Mengatasi Nyeri
    Kandungan anti-spasmodic dalam daun mint dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dalam tubuh. Zat inil bekerja mengendorkan otot yang tegang, sehingga mengurangi nyeri akibat menegangnya otot.
  5. Baik untuk Pencernaan
    Anti-oksidan dan fitonutriennya menjadi kebaikan untuk sistem pencernaan. Hal ini juga dikarenakan tidak adanya efek samping yang membahayakan pada daun mint. Kandungan efek anastesia daun mint juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit dan kram pada perut. Selain itu,senyawa pada daun mint juga dapat mencegah pembentukan gas dalam perut.
  6. Mengatasi Demam
    Rasa dingin dan menyegarkan tubuh merupakan efek daun mint yang biasa digunakan untuk meredakan panas akibat demam.
  7. Penangkal Radikal Bebas
    Anti-oksidan dalam daun mint dapat menjadi penangkal radikal bebas yang mengakibatkan mudah terkenanya penyakit baru.
  8. Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut
    Zat anti-bacterial dan anti-inflamasi yang terkandung dalam daunt mint dapat berguna untuk merawat kesehatan mulut, termasuk menghilangkan bau mulut akibat bakteri dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu juga mampu mencegah kerusakan gigi permanen.
  9. Mengatasi Batuk, Gatal Tenggorokan, dan Melegakan Pernafasan
    Kandungan yang terdapat dalam daun mint dapat membuka rongga pada bagian hidung. Kandungan itulah yang sangat aktif untuk mengatasi dan meredakan gatal – gatal pada tenggorokan yang menjadi penyebab batuk. Kebaikan lainya adalah melegakan pernafasan akibat tertutupnya rongga pada bagian hidung.
  10. Meningkatkan Sistem Kekebalan
    Kandungan vitamin C pada daun mint akan membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Jika kebutuhan vitamin C 500mg per hari terpenuhi, otomatis kekebalan tubuh akan terjaga.
  11. Merawat Kesehatan Mata
    Kandungan vitamin A dalam daun mint dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Selain wortel, para lansia yang sudah mengalami gangguan mata atau rabun, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daun mint.
  12. Pertumbuhan Tulang dan Gigi
    Penurunan kondisi tulung terjadi selaras dengan pertambahan usia. Kesehatan tulang dapat tetap terjaga dengan mengkonsumsi makanan / minuman yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor, salah satunya adalah daun mint. Kalsium dan fosfor yang terdapat dalam daun mint dapat dipergunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  13. Mengurangi Resiko Kanker
    Sebuah penelitian mengungkapkan daun mint ternyata mampu mengurangi resiko kanker pada usus besar. Zat anti-oksidan dalam daun mint mampu menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh.
  14. Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan vitamin E dan vitamin D pada daun mint sangat baik untuk membantu memperbarui kulit mati. Selain itu asam salisilatnya sangat berguna dalam proses penggantian sel kulit yang sudah rusak. Sehingga kulit yang tumbuh setelahnya menjadi lebih sehat dan nampak segar.
  15. Mengatasi Jerawat dan Komedo
    Daun mint yang dicampur dengan air mawar, kemudian dioleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa beberapa saat, lalu dibilas. Jika dilakukan secara rutin, dapat menghilangkan jerawat dengan efektif. Sedangkan untuk menghilangkan komedo caranya dengan menempelkan daun mint yang sudah dihaluskan ke bagian muka yang berkomedo, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  16. Mengatasi Alergi
    Anti-bacterial pada daun mint mampu mengontrol kondisi alergi pada kulit dengan mematikan bakteri jahat serta jamur.
  17. Anti-Inflamasi
    Sifat anti-inflamasi pada daun mint dapat digunakan untuk mencegah iritasi atau kemerahan pada kulit akibat dari gigitan nyamuk. Tak hanya itu, menggosokkan daun mint pada kulit juga akan melembutkan kulit dan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.
  18. Menghilangkan Kutu Rambut
    Rusak dan baunya kulit kepala akibat kutu dapat diatasi menggunakan daun mint. Remas – remas daun mint hingga keluar airnya, oleskan di kepala sambil dipijaat – pijat. Efektif dilakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.
Semua manfaat di atas bisa didapatkan dengan takaran yang tidak berlebihan. Karena tetap saja, sesuatu yang berlebihan itu tidak mendatangkan kebaikan.
Produk SAMPUN yang berbahan mint :
  1. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
  2. Teh Aneka Rasa SAMPUN
Back To Top