** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Selasih

Manfaat selasih sebagai obat batuk sudah bukan rahasia lagi. Dan tentunya banyak manfaat lainnya yang sudah diketahui banyak orang. Biji selasih sering ditemukan sebagai campuran atau pelengkap berbagai minuman, terutama minuman dingin. Berwarna hitam kecil dan di bagian luarnya dikelilingi warna putih bening, besarnya hampir seukuran dengan wijen. Biji selasih berasal dari bunga kemangi yang sudah kering, bijinya direndam hingga muncul selaput putih bening di bagian pinggirnya.

Selasih merupakan tumbuhan terna bernama latin Ocimum dan masuk ke dalam kelompok klasifikasi tumbuhan berkerajaan Plantae. Ada berbagai jenis spesies tumbuhan selasih, diantaranya Ocimum americanum, Ocimum basilicum, Ocimum campechianum, acimum gratissimum, Ocimum kilimandscharicum, Ocimum bassilum ferina citratum, dan Ocimum tenuiflorum. Species yang banyak tumbuh di Indonesia adalah Ocimum bassilum ferina citratum, biasanya disebut dengan kemangi. Tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara ini mempunyai rasa langu, manis, harum dan menyegarkan.


Di Cina, biji selasih banyak digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka percaya bahwa biji selasih dapat meredakan demam, mengobati sakit karena gigitan serangga, mengobati batuk, hingga menambah selera makan.

Kandungan Biji Selasih

Dalam biji selasih terdapat kandungan seperti Eugenol, Tymol, Metal eugenol, vitamin, lemak, dan serat.
Eugamol : berfungsi sebagai fungisida dalam tubuh
Tymol : berfungsi repellent atau penghalau serangga
Anti-biotik : berfungsi melawan bakteri
Metal eugenol : berfungsi sebagai atraktan atau pemikat
Selain itu ada juga kandungan minyak atsiri dalam biji selasih yang terdiri dari Linalool, Methyichavicol, Citral, Geraniol, Ocimenen, 1.8 Cincole, Encalyptole, Himonene, Eugenol methylether, Furfural, Methyl cinnamate, dan Farnesol.

Karakteristik Tanaman Selasih

Bagian batang selasih selalu bercabang di bagian atas dengan tinggi 50-50 cm. sementera itu, daun-daun selasih tunggal, letaknya berhadapan dengan panjang tangkai sekitar 0,5 cm-2 cm, bentuknya oval dengan permukaan daun berambut halus, ujung daunnya runcing dan bergerigi.

Bagian bunganya tersusun dalam tandan berwarna ungu atau putih yang keluar dari ujung percabangan dengan tekstur yang keras berwana coklat tua. Biji selasih ini ukurannya hampir sama seperti wijen dan berwarna hitam. Ketika sudah direndam atau disiram dengan air panas akan muncul selaput putih bening pada pinggiran biji selasih ini sehingga terlihat seperti telur kodok. Biji selasih sering juga disebut dengan basil seed dan sering dijadikan sebagai pelengkap pudding, es buah, dan makanan ringan lainnya.

Tumbuhan yang berasal dari basil Thailand ini sering tumbuh lebat di tempat-tempat lembab dan teduh bahkan sering hidup liar di tepi jalan.

Manfaat Selasih untuk Kesehatan

  1. Mengurangi dampak buruk dari nikotin
    Baik biji maupun daunnya sama – sama dapat meminimalisir dampak negatif dari nikotin di dalam tubuh yang kebanyakan didapat dari menghirup asap rokok.
  2. Menguatkan sistem imun dalam tubuh
    Kandungan vitamin C dan anti-oksidan pada biji selasih inilah berperan penting dalam meningkatkan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia.
  3. Menyembuhkan sembelit dan perut kembung
    Efek karminatif yang terdapat pada biji selasih berfungsi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, sembelit dan susah BAB.
  4. Mampu mengobati batuk
    Anti-spasmodic dalam biji selasih mampu membantu menyembuhkan batuk rejan. Dalam ramuan tradisional biasanya dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh hangat untuk mengencerkan dahak.
  5. Mampu meredakan stress
    Efek menenangkan dari biji bunga kemangi ini dapat membantu memperbaiki suasana hati, sehingga sering digunakan sebagai bahan aromaterapi. Selain itu juga dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migrant dan mengurangi depresi.
  6. Meredakan gangguan pernapasan
    Selasih yang dicampur dengan jahe dan madu dapat menjadi obat alami untuk mengatasi saluran pernafasan seperti asma dan bronchitis.
  7. Menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit
    Minyak alami yang terdapat dari ekstrak biji selasih dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit atau luka bakar pada tubuh.
  8. Menurunkan kadar gula dalam darah
    Selain efektif untuk mengontrol nafsu makan, menurut penelitan sutter gould medical foundation, biji selasih membantu menormalkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2.
  9. Dapat menguatkan tulang
    Penyakit arthritis dapat disembuhkan dengan anti-inflamasi yang terdapat pada biji selasih. Kalsium yang ada pada biji selasih juga dapat digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah keropos pada tulang.
  10. Membantu menahan rasa lapar
    Serat yang terkandung dalam biji selasih dapat membuat kenyang lebih lama tetapi tetap menyehatkan usus karena juga menghambat konversi pati menjadi gula dan mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh. Oleh karena itu biji selasih efektif bila dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.
  11. Membantu mengatasi insomnia
    Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung biji selasih dapat mengurangi rasa gelisah yang berlebihan atau susah tidur.
  12. Menyembuhkan sakit gigi
    Biji selasih yang dicampur dengan cengkeh dapat membantu meredakan sakit gigi.
  13. Menyembuhkan sakit kepala
    Air rebusan biji selasih yang dicampur dengan madu, dapat meredakan sakit kepala.
  14. Memperlancar sirkulasi darah
    Selain dapat memperlancar peredaran darah, biji selasih juga berkhasiat untuk memperlancar keluarnya keringat, meningkatkan kinerja hati dalam menetralkan dan mengeluarkan racun, melancarkan air seni, dan menurunkan demam, juga panas dalam.
  15. Bermanfaat bagi ibu hamil
    Biji selasih dapat digunakan untuk mengatasi panas dalam atau demam pada ibu hamil. Selain itu juga berguna untuk meredakan kejang, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  16. Anti-radang
    Efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen juga dimiliki oleh biji selasih. Selasih juga tidak akan mengiritasi perut karena di dalamnya terdapat unsur yang akan mencegah perlukaan dalam tubuh. Bahkan minyak atsiri yang dikandungnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis.

Manfaat Selasih untuk Kecantikan

  1. Membantu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah
  2. Mengurangi garis halus tanda penuaan pada wajah
  3. Dapat menghilangkan kantung mata
  4. Mencegah munculnya jerawat pada wajah
  5. Dapat membantu mengecilkan perut yang buncit
Manfaat ini tidak hanya untuk wanita, pria juga sama. Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam biji selasih sehingga biji selasih bisa dijadikan salah satu obat alternatif yang lebih mudah ditemukan. Selain itu biji selasih juga bermanfaat untuk mengobati penyakit batu ginjal dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Biasanya biji selasih ini dinikmati dengan cara menaburkannya ke dalam es buah atau minuman segar lainnya.
Back To Top